Entri Populer

Kamis, 10 Februari 2011

Tanggung Jawab Sosial dan Etika Manajerial

Apa itu tanggung  jawab sosial?
 
Dua Pandangan tentang tanggung jawab sosial
 
Pandangan klasik
Pandangan bahwa tanggung jawab manajemen hanyalah memaksimalkan laba.
 
Pandangan Sosial Ekonomi
Pandangan bahwa tanggung jawab sosial manajemen bukan sekedar menghasilkan laba tetapi melindungi dan meningkatkan kesejahteraan sosial.
 
Pendapat yang mendukung dan menentang Tanggung Jawab sosial
 
Dari kewajiban sampai tanggapan pada Tanggung Jawab
 
Kewajiban sosial
Kewajiban perusahaan untuk memenuhi tanggung jawab ekonomis dan hukum.
 
Ketanggapan Sosial
Kemampuan perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan masyarakat yang berubah-ubah.
 
Tanggung jawab sosial
Kewajiban perusahaan bisnis di luar yang di tuntut oleh hukum dan pertimbangan ekonomi, untuk mengejar sasaran jangka panjang yang baik untuk masyarakat.
 
Tanggung Jawab Sosial dan Kinerja Ekonomi
 
Penyaringan sosial menerapkan kriteria sosial ke dalam keputusan investasi.
 
Manajemen yang  “ Ramah Lingkungan “
 
Manajemen yang ramah lingkungan
Kesadaran akan eratnya kaitan antara keputusan dan kegiatan organisasi dengan dampaknya terhadap lingkungan alam.
 
Manajemen Berbasis Nilai
 
Manajemen berbasis nilai merupakan pendekatan terhadap pengelolaan dimana para manajer menetapkan, memajukan, dan mempraktifkan nilai-nilai bersama sebuah organisasi.
 
 
Etika Manajerial
 
Etika
Peraturan dan prinsip yang mendefinisikan tindakan benar atau salah.
 
Empat Pandangan Tentang Etika
 
Pandangan Etika Utilitarian
Keputuusan etika dibuat semata-mata berdasarkan hasil atau akibat keptusan.
 
Pandangan Etika Hak
Peduli terhadap penghormatan dan perlindungan hak dan kebebasan pribadi individu
 
Pandangan Etika Teori Keadilan
Memaksimalkan dan mendorong peraturan secara adil dan tidak memihak dan peraturan itu diikutu berdasarkan peraturan dan perundang-undangan di bidang hukum
 
Pandangan Etika Teori kontrak sosial terpadu
Keputusan etika harus didasarkan berdasarkan norma-norma etika dalam industri dan masyarakat. Sehingga masyarakat menentukan apakah undang-undang benar atau salah.
 
 
Faktor-Faktor yang mempengaruhi Etika Karyawan
 
Karakteristik Individu
 
Kekuatan Ego
Ukuran kepribadian apa tentang kekuatan keyakinan seseorang.
 
Tempat Kendali
Sifat kepribadian yang mengukur derajat sampai orang yakin seberapa mampu mereka mengendalikan nasib mereka sendiri benar atau salah.
 
 
 
Budaya Organisasi
sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya.
 
Intensitas Masalah
 
Etika dalam konteks Internasional
 
Menuju Perbaikan Prilaku Etis
Para manajer harus berusaha memperkerjakan orang-orang yang memiliki standard etika yang tinggi.
 
Seleksi Karyawan
Seleksi karyawan berada dalam tahap perkembangan. Berbagai macam kepribadian karyawan, proses seleksi harus di pelajari sebagai penilaian atas perkembangan moral, nilai pribadi, kekuatan ego dan tempat kendali individu.
 
Kode etik dan peraturan keputusan
Kode etik pernyataan formal
Peraturan nilai organisasi yang diharapkan akan diikuti oleh karyawan.
 
Audit Sosial Independen
Sebuah  unsur penting prilaku yang tidak etis adalah rasa takut terungakap.  Audit Sosial Independen yang mengevaluasi keputusan dan praktik manajemen berdasarkan kode etik perusahaan.
 
Merkanisme perlindungan formal
Melindungi karyawan yang menghadapi dilemma dari rasa takut tanpa rasa takut akan dipermalukan di depan umum.
 
Tanggung Jawab Sosial dan Etika dalam Dunia Sekarang ini
 
Kepemimpinan Etika
Manajer mempunyai pengaruh yang kuat kepada karyawan untuk berprilaku etis atau tidak.
 
Melindungi karyawan yang mengatakan masalah Etika
 
Manajemen Dampak Sosial
Bidang pertanyaan pada  persimpangan praktik bisnis dan perhatian sosial yang lebih luas yang mencerminkan dan menghormati ketergantungan yang rumit antara dua kenyataan

Budaya dan lingkungan organisasi


Pandangan Maha Kuasa
Para manajemen bertunggung jawab secara langsung atas keberhasilan atu kegagalan organisasi.

Pandangan simbolis
Manajer hanya memiliki akibat yang terbatas pada hasil orgaisasi yang berarti banyak factor yang di luar kendali mereka.

Budaya Organisasi

Manajemen Ilmiah
Penggunaan metode ilmiah untuk menentukan satunya cara terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan

Budaya organisasi
System makna dan keyakinan bersama yang dianut oleh para anggota yang menentukan sebagian besar bagaimana para karyawan bersikap

Budaya kuat versus budaya Lemah
Budaya kuat
Organisasi di mana nilai-nilai yang kunci dipegang teguh dan diikuti secara luas


Sumber Budaya
Adat istiadat, tradisi dan cara umum melakukan segala sesuatu organisasi tentu pada umumnya dilakukan sebelumnya dan tingkat keberhasilan usaha-usaha itu.


Bagaimana suatu organisasi berlanjut
Sosialisasi
Sosialisasi adalah suatu proses menyesuaikan karyawan dengan budaya organisa
Bagaimana para karyawan mempelajari budaya

Cerita
Mengandung penggambaran peristiwa yang signifikat yang mencangkup hal-hal pendiri organisasi

Ritual
Serangkaian kegiatan yang berulang mengungkapkan dan meneguhkan nilai-nilai organisasi/

Simbol Materi
Tata letak fasilitas organisasi, cara pakaian karyawan, modil yang disediakan eksekutif puncak,ketersediaan pesawat milik organisasi merupakan contih symbol organisasi

Bahasa
Menggunakan bahasa sebagai salah satu cara untuk mengidentifikasikan para karyawan


Bagaimana Budaya mempengaruhi Manajer
Perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian



Masalah budaya organisasiterkini yang dihadapi manajer
1.      Menciptakan etika budaya
2.      Menciptakan budaya yang inovatif


Menciptakan budaya yang tanggap terhadap konsumen

Budaya dan Spritualitasi Organisasi
1.      Tujuan yang kuat
2.      Berfokus pada pengembangan individu
3.      Kepercayaan dan keterbukaan
4.      Pemberian wewenang pada kartawan
5.      Toleransi terhadap pendapat karyawan

Spritualitasi
Kesadaran bahwa orang-orang mempunyai kehidupan di dalam yang berkembang dan terus berkembang dengan pekerjaaan yang bermakna yang terjadi di dalam konteks masyarakat.


Lingkungan

Lingkungan ekstrim
Lembaga luar yang berpotensi memengeruhi organisasi tertentu

Lingkungan Khusus
Bagian dari lingkungan yang relevan secara langsung terhhadap organisasi

Lingkungan umum
Kondisi eksternal yang luas yang dapat mempengauhi organisasi

Bagaimana lingkungan mempengaruhi para manajer
1.      Menilai ketidakpastian lingkungan
Ketidakpastian lingkungan
Derajat perubahan dan kerumitan lingkungan organisasi Kerumitan lingkungan

2.      Mengelola hubungan stakeholder
stakeholder
Usur dalam lingkungan yang dipengaruhi leh keputusan dan kebijakan organisasi dan dapat mempengaruhi organisasi

Manajemen - Manajemen Dahulu dan Sekarang


Latar Belakang Sejarah Dari Manajemen
Usaha-usaha terorganisasi di arahkan oleh orang-orang yang bertanggung jawab atas perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian telah ada sibuan tahun, Piramida di Mesir dan Tembok Besar Cina merupakan buktinyata bahwa proyek-proyek yang ukurannya luarbisa besar, yang menggunakan puluhan ribu manusia, telah di laksanakan jauh sebelum zaman modern.

Manajemen Ilmiah
Manajemen Ilmiah merupakan penggunaaan metode ilmiah untuk menentukan satu-satunya cara terbaik untuk penyelesaian pekerjaaan.

Kontribusi Penting
Kontribusi penting dalam manejemen ilmiah di lakukan oleh Frederick W. Taylor dan Frank Serta lillan Gilberth
Frederick W. Taylor
Frederick Winslow Taylor (lahir 20 Maret 1856 – meninggal 21 Maret 1915 pada umur 59 tahun) adalah seorang insinyur mekanik asal Amerika Serikat yang terkenal atas usahanya meningkatkan efesiensi industri. Ia dikenal sebagai "bapak manajemen ilmiah" dan merupakan pemimpin intelektual dari Gerakan Efesiensi
Peninggalan Taylor yang paling terkenal dalam ilmu manajemen adalah ide tentang penggunaan metode ilmiah dalam manajemen. Ide ini muncul ketika Taylor merasa kurang puas dengan ketidakefesienan pekerja di perusahaannya. Ketidakefesienan itu muncul karena mereka menggunakan berbagai macam teknik yang berbeda untuk pekerjaan yang sama nyaris tak ada standar kerja di sana. Selain itu, para pekerja cenderung menganggap gampang pekerjaannya. Taylor berpendapat bahwa hasil dari para pekerja itu hanyalah sepertiga dari yang seharusnya. Taylor kemudian, selama 20 tahun, berusaha keras mengoreksi keadaan tersebut dengan menerapkan metode ilmiah untuk menemukan sebuah "teknik terbaik" dalam menyelesaikan tiap-tiap pekerjaan.

Frank dan lillan Gilberth
Frank Bunker Gilbreth (7 Juli 1868-14 Juni 1924) adalah penganjur manajemen ilmiah dan perintis studi gerak dan waktu. Ia juga terkenal sebagai bapak dan tokoh sentral dalam novel Cheaper by the Dozen. Pendidikan Gilbreth hanya sampai sekolah menengah atas. Setelah bekerja sebagai pekerja bangunan, ia menjadi kontraktor bangunan, dan berlanjut menjadi ahli manajemen. Gilbreth menemukan bidang penelitian yang disukainya ketika masih bekerja sebagai kontraktor bangunan. Pada waktu itu, ia mencari cara tercepat dan termudah untuk mendirikan tembok dari batu bata. Bersama ilmuwan yang kemudian menjadi pasangan hidupnya,Lillian Moller Gilbreth, ia meneliti kebiasaan kerja pegawai tingkat klerikal dan manufaktur dalam usaha mencari cara meningkatkan hasil kerja dan membuat pekerjaan mereka menjadi mudah. Bersama istrinya, ia mendirikan firma konsultasi manajemen bernama Gilbreth, Inc

Para Ahli Teori Administrasi Umum

Para Ahli Teori Administrasi Umum adalah para penulis yang mengembakan sejumlah teori umum menengai apa yang di lakukan manajer dan apa yang membentik praktik manajemen yang baik.
Henri Fayol 
Henri Fayol adalah seorang teoris manajemen atau administrasi asal Perancis. Fayol adalah salah satu kontributor paling berpengaruh dalam konsep manajemen atau ilmu administrasimodern. Peninggalan Fayol yang paling terkenal adalah tentang lima fungsi utama manajemen, yaitu merencanakan, mengorganisasi, memerintah, mengkoordinasi, dan mengontrol (Fayol, 1949, 1987). Menurut Fayol, praktek manajemen dapat dikelompokkan ke dalam beberapa pola yang dapat diidentifikasi dan dianalisis. Dan selanjutnya analisis tersebut dapat dipelajari oleh manajer lain atau calon manajer. Fayol terkenal akan 14 prinsip manajemennya. Prinsip ini disebut Fayol dalam karya aslinya sebagai 14 prinsip administrasi. Perbedaan terjemahan dan kiblat ilmu antara Anglo Saxon dan Continental menyebabkan banyak orang memahami Fayol sebagai teoris manajemen. Padahal ini disebabkan karya aslinya, "Administration Industrielle et Generale" yang diterjemahkan ke bahasa inggris "General and Industrial Management”


Max Webber
Max Webber adalah ahli sosiologi jerman yang mempelajari kegiatan organisasi. Webber yang menulis pada awal 1990an mengembangkan sebuah teori struktur wewenang dan hubungannya, Webber menggambarkan tipe ideal organisasi yang disebut birokrasi. Birokrasi yaitu bentuk organisasi yang dicirikan oleh pembagian kerja, hierki yang didefinisikan dengan jelas, peraturan dan ketetepan yang rinci, dan sejumlah hubungan imprasional.

Pendekatan Kuantitatif pada Manajemen
Pendekatan kuantitatif adalah penggunaan sejumlah teknik kuantitatif untuk memperbaiki pengambilan keputusan.

Sumbangan sumbungan penting
Manajemen mencakup penerapan statistik, model optimisasi,model informasi, dan simulasi computer terhadap aktivitas manajemen.sebagai contoh pemrogaman linear adalah teknik yang dapat digunakan para manajer untuk memperbaiki keputusan, pengalokasian sumber daya. Penjadwalan kerja dapat lebih efesien sebagai hasil dari analisis penjadwalan jalur kritis.

Menuju Pemahaman tentang perilaku Organisasi
Bidang kajian yang berkaitan dengan tindakan atau prilaku manusia di tempat kerja di sebut prilaku organisasi.

Pendukung-pendukung Awal
Ada empat orang yang menonjol sebagai pendukung awal pendekatan prilaku organisasi tersebut. Mereka itu adalah Robert Owen, Hugo Munsterberg, Mary Parker, dan Chester Barnard.



Kajian Hawthorne
Kajian Hawthrone  adalah serangkaian kajian yang dilakukan pada tahun 1920-an hingga 1930-an. Kajian ini awalnya bertujuan mempelajari pengaruh berbagai macam tingkat penerangan lampu terhadap produktivitas kerja

Pendekatan Sistem
Sekelompok bagian yang saling terkait dansaring tergantung yang diatur dalam satu kesatuan.
Sistem tertutup adalah System yang tidak di pengaruhi oleh atau tidak berinteraksi dengan lingkungannya.
Sistem terbuka adalah system yang secara dinamis berinteraksi dengan lingkungannya.


Pendekatan Kontingensi
Pendekatan Kontingensi adalah suatu pendekatan yang menyatakan bahwa organisasi adalah berbeda, menghadapi situasi yang berbeda, dan memerlukan cara yang berbeda.

Pendekatan Kontingensi dan Manajer
Pendekatan kontingnesi  bagi manajemen adalah secara intusi logis karena organisasi dan bahkan unit di dalam organisasi yang sama adalah beragam. Baik dalam besarnya, tujuan, pekerjaan dan kesukaan.

Tren dan Permasalahan Saat Ini

Globalisasi
Globalisasi dapat menjadi Kontroversional , setelah serangan teroris di amerika Serikat pada 11 september, beberapa orang mempertanyakan apaka “ Keterbukaan” globalisasi telah membuat Negara-negara menjadi lebih rentan terhadap konflik tentang perbedaan politik dan budaya



Etika
saham yang diluangkan oleh para manajer puncak yang kini telah pensiun Key Lay dari enron, sam Waksal dari ImClone, Gary Winnick dari global Crossing, dan Dennis Kozlowski ketika mereka menjual sahamnya saat harga saham perusahaan mencapai puncaknya 

Keragaman Angkatan Kerja
Keragaman angkatan kerja yang lebih hiterogen dalam jenis kelamin, ras, etnis, usia, dan karakteristik lain yang mencerminkan perbedaan.

Kewirausahaaan
Kewirausahaan adalah proses dimana seseorang atau kelompok orang menggunakan usah dan sarana yang terorganisasi untuk mengejar peluang guna menciptakn nilai dan bertumbuh dengan memenhi keinginan serta kebutuhan melalui inovasi dan keunikan, tanpa memandang apa sumber daya sekarang di kendalikannya.

Mengelola dalam Dunia E-Bisnis

Istilah yang komprehensif yang menggambarkan cara organisasi melakukan pekerjaanya dengan menggunakan pekerjaannya dengan menggunakan jaringan elektronik dengan para anggota bisnis kunci untuk secara efisiensi mencapai sasarannya .

E-Cormmerce
Merupakan penjualan dan pemasaran E bisnis

Intranet

Sistem komunikasi organisasi internal yang menggunakan teknologi Internet dan apat diakses hanya oleh karyawan organisasi saja 



Manajemen Pengetahuaan dan Organisasi Pembelajaran
Manajemen Pengetahuaan dan Organisasi Pembelajaran adalah organisasi yang telah mengembangkan kapasitasnya untuk secara terus-menerus belajar, beradaptasi dan berubah

Manajemen Mutu
Manajemen mutu adalah filosofi manajemen yang didorong oleh perbaikan yang berkelanjutan dan tanggapan terhadap kebutuhan dan harpn pelanggan. Tujuannya dalah menciptakan organisasi yang berkomitmen pada perbaikan proses kerja yang berkelanjutan.
Manajemen mutu :
1.    Fokus yang kuat pada pelanggan 
2.    Perhatian bagi perbaikan berkelanjutan
3.    Berfokus pada proses
4.    Perbaikn mutu segala sesuatu yang dilakukan organisasi
5.    Pengukuran yang tepat 
6.    Memberdyakan para karyawan